Header Ads

Basquiat berada di puncak Warhol setelah melukis seharga $ 111 juta

Seorang miliarder Jepang telah membeli lukisan Jean-Michel Basquiat senilai $ 110,5 juta, harga tertinggi yang pernah dibayarkan di lelang untuk karya seorang seniman Amerika.

Ini adalah kenaikan spektakuler dari lukisan terakhir, "Untitled," terjual - hanya terjual $ 19.000 pada tahun 1984. Selama lebih dari 30 tahun sejak saat itu, gambar yang menggambarkan kepala seperti tengkorak tetap tersimpan secara pribadi. koleksi.

Pembeli Jepang, konglomerat e-commerce Yusaku Maezawa, mengatakan bahwa dia berencana untuk meminjamkan lukisan itu ke seluruh dunia sebelum menjadikannya sebagai pusat museumnya di kota asalnya, Chiba.

"Saya berharap ini membawa banyak kegembiraan kepada orang lain seperti halnya saya, dan bahwa karya agung Basquiat yang berusia 21 tahun ini mengilhami generasi masa depan kita," katanya dalam sebuah pernyataan.

Penjualan gambar di Sotheby's di New York menempatkannya di sebuah klub elit: hanya 10 karya lainnya yang terjual lebih dari $ 100 juta.

Dilukis oleh Basquiat pada tahun 1982, "Untitled" kini telah mengambil harga tertinggi keenam untuk sebuah karya seni rupa. Katalog Sotheby menggambarkannya sebagai "mentah, tidak disensor, dan sangat megah."

Jumlah yang terjual untuk menerbangkan perkiraan prakiraan rumah lelang sebesar $ 60 juta.
Ini juga mencapai $ 105 juta yang dibayarkan pada tahun 2013 untuk "Kecelakaan Mobil Silver Carry" Andy Warhol. " Dan ini adalah karya pertama yang dibuat setelah tahun 1980 untuk menjual lebih dari $ 100 juta.

Maezawa, yang kekayaannya diperkirakan oleh Forbes sekitar $ 3,6 miliar, sudah memegang rekor sebelumnya untuk gambar Basquiat. Dia membayar $ 57 juta untuk karya "Untitled" lainnya setahun yang lalu.

Pengusaha Jepang berusia 41 tahun itu mulai menjual CD dan catatan impor. Namun ia membangun peruntungannya di Zozotown, sebuah platform belanja fashion online yang ia dirikan pada tahun 2004.

Koleksi Maezawa sudah mencakup karya-karya Pablo Picasso, Alberto Giacometti dan Jeff Koons.
Dibesarkan di Brooklyn, Basquiat adalah maverick dari seni New York pada tahun 1980an. Dari keturunan Puerto Riko dan Haiti, dia awalnya mendapat perhatian untuk grafiti sebelum akhirnya menjadi salah satu seniman paling terkenal saat itu.

Kekuatan kreatif yang produktif, dia memanfaatkan identitas rasial dan siksaan pribadinya untuk menciptakan karya ekspresionis yang dinamis.

Dia meninggal pada tahun 1988 pada usia 27 dari overdosis heroin.

Sotheby's mengatakan bahwa lukisan tanpa judul yang terjual pada hari Kamis "menawarkan potret ganas seorang seniman yang didefinisikan oleh bakat eksplosif dan kecemerlangan malapetaka." (sumber:cnn.com)