Header Ads

Perbedaan misterius terlihat dalam foto-foto Tillerson dengan presiden Afghanistan

Sekretaris Negara Rex Tillerson bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. (Departemen Luar Negeri A.S. dan Kantor Presiden Afghanistan.)
Upaya mentah-mentah untuk mengubah foto-foto pertemuan antara Sekretaris Negara Rex Tillerson dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada hari Senin di Kabul telah mengatur Internet dengan pertanyaan.

Pemeriksaan yang cermat oleh The New York Times menemukan perbedaan yang signifikan dalam foto-foto yang dapat dijelaskan dengan upaya menggunakan perangkat lunak manipulasi gambar ke dokter setidaknya satu dari gambar tersebut.

Kedua foto yang dirilis oleh A.S. dan yang disediakan oleh Afghanistan menggambarkan Tillerson dan Ghani duduk di depan sebuah ruangan tanpa jendela, diapit oleh delegasi mereka.


Namun, gambar yang dirilis oleh Afghanistan tidak termasuk jam digital bergaya militer atau alarm kebakaran besar yang muncul tepat di atas Tillerson dan Ghani dalam foto yang diproduksi oleh pemerintah A.S., The Times melaporkan. Dan di foto Afghan, ruangannya jauh lebih terang.

Menurut seorang ahli gambar yang dikutip oleh Times, ada "tidak ada pertanyaan" foto Afghanistan tersebut diubah. Pemberian hadiah itu, kata pakar tersebut kepada The Times, adalah bahwa siapa pun yang rupanya mengobati citra Afghanistan tidak sepenuhnya melepaskan kabel daya yang menyebabkan jam dan alarm kebakaran di foto A.S.

Pertanyaannya tetap: Mengapa pemerintah Afghanistan memanipulasi foto rutin seorang pejabat kehormatan?

Setelah pertemuan Tillerson dengan Ghani pada hari Senin, Kedutaan Amerika dan kantor Ghani mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengklaim bahwa kedua orang tersebut telah bertemu di Kabul. Namun Times mencatat bahwa pertemuan tersebut benar-benar terjadi di Bagram, pangkalan militer A.S. lebih dari tiga puluh mil dari ibukota Afghanistan.

Melepaskan jam gaya militer dan alarm kebakaran besar mungkin merupakan upaya pemerintah Afghanistan untuk menyembunyikan lokasi pertemuan tersebut. Dengan mengklaim bahwa Tillerson dan Ghani berada di Kabul dan bukan basis militer yang diperkaya, pemerintah Afghanistan dapat memproyeksikan kekuatan dan memajukan narasi positif tentang keamanan negara tersebut.

Baik Ghani maupun kantor Tillerson telah memberikan penjelasan mengenai perbedaan dalam gambar, atau mengapa Kedutaan Amerika menandatangani pernyataan yang mengklaim bahwa pertemuan tersebut dilakukan di Kabul.(foxnews)

No comments