Header Ads

Jenderal AS mengungkapkan informasi baru tentang penyergapan Nigeria

Jenderal AS mengungkapkan informasi baru tentang penyergapan Nigeria
Pasukan AS yang menyerang di Niger sedang dalam perjalanan kembali ke basis operasi mereka saat mereka disergap oleh 50 pejuang ISIS, menurut Ketua Umum Gabungan Jenderal Joseph Dunford, yang memberikan garis waktu serangan tersebut pada hari Senin.

Empat tentara AS dan lima tentara Nigeria tewas dan dua orang Amerika terluka dalam serangan yang terjadi pada 4 Oktober, namun rincian tentang kejadian yang terjadi masih keruh lebih dari dua minggu setelah kejadian tersebut karena penyidik ​​bekerja untuk menentukan dengan tepat apa yang terjadi, seorang pejabat AS telah mengatakan CNN.

Selama briefing Pentagon hari Senin, Dunford menjelaskan bahwa pasukan AS meminta dukungan tambahan sekitar satu jam setelah baku tembak dimulai.

Pesawat jarak jauh yang diujicobakan tiba di atas dalam beberapa menit setelah permintaan bantuan. Jet Mirage Prancis tiba di lokasi kejadian kira-kira satu jam kemudian - dua jam setelah tentara melakukan kontak awal dengan pasukan musuh.

"Penting untuk dicatat ketika mereka tidak meminta dukungan untuk jam pertama itu, penilaian saya adalah bahwa unit tersebut mengira mereka dapat menangani situasi tanpa dukungan tambahan," kata Dunford. "Dan begitu baik kita akan mencari tahu dalam penyelidikan mengapa dibutuhkan satu jam untuk mereka panggil."

Dunford mengatakan tidak ada indikasi bahwa pasukan AS beroperasi di luar perintah mereka pada saat penyergapan.

"Saya tidak memiliki indikasi sekarang untuk percaya atau mengetahui bahwa mereka melakukan sesuatu selain menjalankan perintah yang mereka berikan," Dunford berkata. "Itulah yang investigasi, jadi saya pikir ada orang yang berspekulasi tentang apa yang pasukan operasi khusus lakukan atau tidak lakukan adalah melakukan hal itu, mereka berspekulasi."

Meski begitu, Dunford mengatakan militer akan menyelidiki apakah misi pengintaian yang direncanakan itu berubah.

"Itu direncanakan sebagai misi pengintaian Apa yang terjadi setelah mereka mulai mengeksekusi, dengan kata lain, apakah misi tersebut berubah? Itulah salah satu pertanyaan yang diajukan.

Pertanyaan yang adil tapi saya tidak dapat memberi tahu Anda secara pasti jawabannya. Untuk pertanyaan itu Tapi, ya, kita sudah melihat laporannya, kita sudah melihat spekulasi, "katanya.

Seorang tentara AS, Sgt. La David Johnson, dipisahkan dari 12 anggota timnya saat disergap oleh 50 pejuang ISIS, dan mayatnya pulih 48 jam kemudian hampir satu mil jauhnya dari lokasi utama penyergapan di Niger, empat pejabat administrasi mengetahui awal penilaian atas apa yang terjadi telah disampaikan kepada CNN pada hari Jumat.

Dunford mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak dapat memastikan dengan pasti laporan bahwa Johnson ditemukan hampir satu mil jauhnya namun rincian tersebut akan terungkap sebagai bagian dari penyelidikan.

"Saya pikir kita berutang pada transparansi keluarga dan orang Amerika," kata Dunford.

Pertanyaan tak terjawab

Komitmen untuk menyediakan lebih banyak informasi kepada keluarga tentara yang gugur - dan rakyat Amerika - hadir saat anggota parlemen terus mengajukan pertanyaan mengenai apa yang terjadi di Niger dan sejauh mana keterlibatan militer AS di Afrika.

Ketua Angkatan Bersenjata Senat John McCain telah mengkritik administrasi Pentagon dan Trump karena tidak mengumumkan tentang serangan tersebut - mengancam sebuah surat perintah pengadilan pekan lalu - dan Menteri Pertahanan James Mattis pergi ke Capitol Hill pada hari Jumat untuk bertemu dengan McCain dan South Carolina Republican Sen Lindsey Graham.

"Salah satu perkelahian yang saya hadapi dengan pemerintah adalah komite dinas bersenjata tidak mendapatkan cukup informasi," kata McCain pada hari Senin di "The View" ABC. "Kami pantas mendapatkannya."

Sebagai akibat dari penyergapan tersebut, beberapa anggota dewan kunci mengatakan bahwa mereka tidak tahu bahwa AS memiliki pasukan di Niger.

"Saya tidak tahu ada 1.000 tentara di Niger," kata Graham pada siaran NBC "Meet the Press".

Namun Pentagon dan Gedung Putih sebelumnya telah memberi tahu Kongres tentang misi AS di Niger beberapa kali tahun ini.

Pentagon masih melihat keadaan tepatnya bagaimana dan kapan Johnson terpisah, namun menekankan bahwa pencarian Johnson segera dimulai dan puluhan pasukan AS dengan cepat pindah ke ibukota Niger Niamey untuk siap memasuki lapangan, yang beberapa di antaranya melakukan.

Direktur Staf Gabungan Letnan Jenderal Kenneth F. McKenzie mengatakan kepada wartawan minggu lalu bahwa pasukan AS, Prancis dan Nigerien "tidak pernah meninggalkan medan perang" sampai Johnson ditemukan.

Para ahli yang bekerja untuk Komando Afrika AS mencoba untuk menetapkan garis waktu satu jam per jam dari apa yang terjadi sebagai bagian dari penyelidikan komprehensif yang mencakup semua cabang militer dan elemen badan intelijen AS yang terlibat dalam misi tersebut.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa jet Mirage Prancis yang tiba di atas kepala dalam 30 menit dari baku tembak untuk terbang dengan jarak yang rendah dalam usaha untuk menyebarkan penyerang tidak memiliki izin untuk menjatuhkan bom.

Namun pada hari Jumat, pejabat AS mengatakan bahwa jet Prancis memiliki wewenang untuk melakukan bom tapi tidak karena pilot tidak dapat dengan mudah mengidentifikasi pasukan musuh dalam baku tembak ini dan tidak ingin mengambil risiko memukul tentara AS dan Nigerien.

Perubahan nada?

Briefing Pentagon hari Senin dengan Dunford menawarkan perubahan nada yang sangat mencolok dari respons publik terhadap administrasi Trump setelah serangan Niger.

Tanggapan Presiden Donald Trump atas serangan tersebut telah menimbulkan beberapa kritik, terutama perseteruan publiknya dengan seorang anggota kongres Demokrat atas sebuah ucapan duka cita yang dia lakukan pada janda Johnson.

Pada hari Senin, Trump tweeted tak lama setelah Myeshia Johnson, janda Sgt. La David Johnson, mendiskusikan kekecewaannya dengan seruan "Good Morning America" Senin pagi, mengatakan bahwa Presiden mencemarkan nama suaminya dan menyarankan satu-satunya alasan mengapa dia mengetahui hal itu karena laporan tersebut tepat di depannya.

"Saya melakukan percakapan yang sangat hormat dengan janda Sgt La David Johnson, dan mengucapkan namanya dari awal, tanpa ragu-ragu!" Trump tweeted.

Johnson mengatakan bahwa dia sangat bingung atas dugaan dugaan Trump selama panggilan tersebut, yang datang saat keluarga Johnson dan Rep Frederica Wilson, D-Florida, yang merupakan teman keluarga, naik limusin untuk menerima mayat Johnson dari Pangkalan Angkatan Udara Dover .
"(Panggilan) membuat saya menangis karena saya sangat marah mendengar suaranya," katanya.
Seorang pejabat Gedung Putih menggambarkan briefing hari Senin sebagai upaya yang disengaja untuk bergerak melampaui retorika yang memanas dari semua sisi dalam hal ini - termasuk dari Sayap Barat.

Seorang pejabat mengatakan kepala staf Gedung Putih John Kelly dan orang-orang di seluruh Sayap Barat akan mengawasi briefing tersebut.

Kelly menjadi terlibat dalam kontroversi tersebut setelah turun ke podium Gedung Putih pekan lalu untuk mengatakan bahwa dia "tertegun" oleh keputusan Wilson untuk dibawa ke pers untuk mengkritik Trump atas seruannya dengan seorang janda Gold Star, meskipun dia tidak membantah klaim Wilson Trump mengatakan kepada janda Sgt. La David Johnson bahwa dia "tahu apa yang dia masuki."

Kelly juga mengklaim bahwa Wilson mengambil kredit untuk mengamankan "$ 20 juta" dalam dana federal untuk membangun kantor lapangan FBI baru di Miami pada tahun 2015, sebuah klaim yang terbukti salah oleh sebuah video tentang upacara pengabdian yang diumumkan oleh Sun Sentinel pada hari Jumat.

Menuduh dia menjadi "tong kosong," Kelly mengatakan Wilson lebih memusatkan perhatian pada tindakannya sendiri daripada kepahlawanan dua agen FBI yang dengannya bangunan baru diberi nama.

Kelly dan Dunford menjaga hubungan pribadi yang erat dan Kelly menggambarkan Dunford sebagai sahabatnya selama briefing Gedung Putih pekan lalu.(cnn)

No comments